Thursday 1 August 2019

PowerPoint bukan pembodohan



PowerPoint itu bukan alat pembodohan.
Perkuliahan yang membosankan, pelajaran yang hanya berbicara (mulek) atau bisa dikatakan berputar-seputar itu aja, pendidik yang hanya bisanya baca teks dilayar, terkadang hingga sampai disuruh baca muridnya, ini baru dikatakan pembelajaran yang membosankan.
Didalam proses pembelajaran PowerPoint ini hanya digunakan guru untuk membantu dalam penyampaian materi, takutnya dalam penyampaianya ada yang trlewatkan dan bahkan sampai melebihi atau melenceng dalam pembahasan. Posisi PowerPoint disini hanya untuk media pembelajaran, tidak lebih.
Jika dalam proses pembelajaran, murid mengalami kejenuhan dan pembosanan seharusnya guru harus bisa bagaimana mengkondisikan kelas, mencairkan suasana kelas, jika dalam materi pembahasan juga membosankan maka bagaimana guru harus mencari materi yang masih renyah dan terbaru. Maka dengan demikian pasti yang mendengarkan akan terus meningkat konsentrasinya untuk mendapatkan informasi lebih terbaru lagi dari gurunya.
Jadi jika menyalahkan PowerPoint, menurut hemat saya, sangat tidak etis dalam paradigma pendidikan, karena posisi PowerPoint disini hanya sebagai alat pembantu.
Munkin bila terjadi proses pembelajaran yang membosankan, jenuh dan tidak mengasikan itu adalah salah dari gurunya, karena tugas dari guru diantaranya adalah Guru sebagai rezim pengelolaan kelas, hendaknya mampu mengelola kelas sebagai
lingkungan belajar yang seperti yang diharapkan. 

No comments:

Post a Comment