Saturday 17 August 2019

Pawai Obor dan Renungan Suci untuk Pejuang Bangsa di Sanga Sanga



Pawai Obor dan Renungan Suci untuk Pejuang Bangsa di Sanga Sanga

16 Agustus 2019 bertepatan pada hari jumat kecamatan Sanga Sanga di gencarkan dengan acara yang Syakral yaitu Pawai Obor dan Renungan Suci di Makam Pahlawan Kecamatan tersebut.

Acara yang Syakral ini sebelum para peserta pawai obor untuk berjalan menuju Makam Pahlawan peserta mengadakan istigosah bersama dan diapelkan oleh panitia HUT RI tepatnya di Masjid Agung Al-Mukarromah.

Didalam acara Apel berlangsung Pak Kapolsek menjelaskan dan menerangkan bahwa
Tema HUT RI yang ke 74 ini adalah SDM unggul Indonesia maju.

Acara yang berlangsung di heningnya malam ini dihadiri langsung oleh Pak Camat, Danramil, Kapolsek dan tidak lupa Ketua panitia HUT RI kecamatan Sanga Sanga sekaligus menjadi Inspektur apel pada malam tersebut adalah Pak
Mulyadi.

Untuk memeriahkan apel tersebut adapun lembaga dan organisasi yang hadir diantaranya adalah Anak pramuka smk 1, smk Muhammadiah, sman 1  smpn 12, Bayangkari (PP perempuan), anak kkn. Ujar Koko handoko dari organisasi KNPI sekaligus KMS.

Mas Koko juga menambahkan bahwa acara ini kurang lebih sudah ke 5 kalinya. Acara yang bagus dan perlu dilestarikan.

Pawai Obor Dalam memperingati HUT Republik Indonesia yang ke 74 tahun 2019 ini setelah melakukan istigosah dan apel di masjid Al-Mukarromah para peserta pawai obor berjalan dengan santai menuju Makam Pahlawan yang berada di kampung Jawa kecamatan Sanga Sanga dengan menyalakan obornya seakan akan menghiasi jalan dengan seribu obor yang kesannya seperti semangat para pejuang dahulu yang hanya menggunakan cahaya obor sebelum adanya cahaya lampu listrik.

Setelah semua peserta sampai di Makam Pahlawan dan para pejabat petinggi kecamatan Sanga Sanga sudah berkumpul, acara selanjutnya adalah upacara dan renungan suci.

Di dalam acara yang berlangsung didepan makam pahlawan ini selain pembacaan renungan suci oleh Inspektur upacara ditambah lagi pembaca doa oleh pihak dari KUA yang didalam doa tersebut berisikan bentuk penghormatan kepada pahlawan pejuang yang sudah mendahului kita.

Upacara ini sangat berkesan sakral karena berlangsung di tengah pergantian hari yaitu pukul 00:00 karena ini lah momen terpenting dalam pergantian hari dan tanggal.

Semuga kita sebagai penerus pejuang bangsa yang memegang amanah untuk memajukan negara Indonesia ini bisa menjadi pelopor untuk perubahan indonesia untuk lebih baik.

Sanga Sanga Muara, Kec. Sanga Sanga, Kab. Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur 

No comments:

Post a Comment