Monday 15 July 2019

KKN bermanfaat atau dimanfaatkan

KKN bermanfaat atau dimanfaatkan
Sebut aja calon sarjana,,hehe bisa dikatakan sih sebagai Agent of change atau Agent of Control
Berawal dari maba yang masih sangat lugu dan mengalami peningkatan dengan pasokan teori dari dosen yang sangat banyak.
Tiga tahun sudah belajar dibawah atap dan bersama teman dekat dengan terkadang kantuknya juga menemani karena tidak moodnya pelajaran hehehe,,,,
Tiga tahun itu biasa sudah menempuh semester sebanyak enam, KKN ini tepatnya adalah dipertengahan semester enam dan semester tujuh tetapi masuk di semester tujuh dengan sebanyak  empat SKS, lebih banyak dari matakuliah yang lain selain skripsi.
KKN adalah Kuliah Kerja Nyata, ada yang menamakan KKP yaitu Kuliah Kerja Partisipatif, ada yang mengatakan KKM Kuliah Kerja Mahasiswa dan KPM ialah Kuliah Pengabdian Masyarakat,, yaah terserah lah dalam mengartikan dan mengistilahkan pokoknya ini adalah masa mahasiswa untuk teori yang sudah didapat dari kampus untuk direalisasikan.
Program KKN ini berjalan selama sebulan lebih, diterjunkan ke kampung-kampung yang mereka tidak hidup di kampung itu, bak anak kecil yang baru bisa berjalan dengan belajar tengkurap dan merangkak dulu.
Berbekal metode pendekatan bermasyarakat dan diakhiri dengan hasil yang dianggap dapat merubah untuk memajukan masyarakat, bersemangat dengan sulutan yel-yel mengabdi untuk rakyat.
Mahasiswa dengan semangat tinggi menguras tenaga dan pikiran bahkan sampai merelakan vinansial keluarganya untuk mewujudkan integritas kampung yang di tempatinya.
Memang dibandingkan dengan ilmu dan pengalaman yang didapatkannya, tidak sebanding dengan pengorbanan dan vinansial yang mereka keluarkan.
Tetapi jika berbicara tentang proses pasti tidak lepas dari hiruk pikuk kehidupan di lingkungan yang baru dan sangat rentan, jika sampainya mahasiswa tidak bisa mengatur jadwal, maka akan terhambalang dengan tugas dan programnya.
Untuk itu mahasiswa harus bisa menjadi contoh di masyarakat bahwa, mereka yang bergelar anak akademisi dan manusia yang bergudang ilmu, harus memberikan contoh khususnya kepada anak pemuda di lingkungan tersebut.

No comments:

Post a Comment