Saturday 8 September 2018

Nafsu itu apa sih

NAFSU YANG LIAR
Oleh : Yafi Al-Muhklasin

Manusia adalah makhluk Tuhan yang paling sempurna, berbeda dengan malaikat-Nya yang tidak sepenuhnya diberikan akal dan nafsu. Manusia terpilih menjadi Khalifah di muka bumi yang ditandai dengan diturunkannya Nabi Adam a.s.. Begitu mulianya manusia sebagai makhluk Tuhan. 

Dengan kemuliaan seperti itu, mengapa diri ini tidak dapat menjadikan kemuliaannya untuk lebih mendekatkan kepada Tuhan. Seharusnya ketaatan manusia dapat melebihi ketaatan Malaikat kepada-Nya.

Liarnya natsu menjadi penyebab utama manusia semakin menjauh kepada Tuhannya. Liarnya nafsu yang menjadikan akal kehilangan kewarasannya. Liarnya nafsu yang menjadikan hati ini menjadi gelap. Liarnya nafsu yang menjadikan jasad menjadi berat. Liarnya nafsu yang menjadikan dosa berlipat-lipat. Liarnya nafsu yang menjadikan hidup tidak bermanfaat.

Memang nafsu tidak dapat hilang dari raga ini, tetapi fungsi akallah yang satu-satunya menjadi obat pengendaliannya. Semakin banyak kesadaran akal yang dilakukan, semakin jinak nafsu yang menguasai manusia.

Nafsu yang terkendali dengan sempurna akan memengaruhi tingkat ketaatan kepada Tuhan. Bahkan dapat mengalahkan ketaatan Malaikat kepada-Nya.

No comments:

Post a Comment