Tuesday 11 September 2018

Mengenal Sosok Haris, Mahasiswa Bidikmisi Berprestasi




Haris Sai Anhar merupakan mahasiswa berprestasi (Mawapres) Fakultas Pertanian Universitas Jambi 2018.

Ditahun yang sama ia terpilih menjadi juara harapan II Mahasiswa Bidikmisi Berprestasi dan Terinspiratif Tingkat Nasional dalam ajang Gebyar Mahasiswa Bidikmisi Nusantara yang bertempat di Medan. Ia juga menjadi juara 1 Lomba Debat Mahasiswa Tingkat Nasional di Bangka Belitung.

Selain prestasi dan peghargaan, rentetan riset dan uji cobanya juga telah banyak dilakukan. Seperti pengolahan sabut kelapa menjadi bantal refleksi yang ia sebut dengan Osaka (Olahan Sabut Kelapa). Inilah yang mengantarkan Haris menjadi Mawapres Fakultas Pertanian. Tidak hanya dalam hal pertanian saja, Haris juga kerap mengadakan Traning Motivasi untuk anak-anak SMA yang tak lain tujuannya untuk memotivasi anak muda.

“Mahasiswa tugasnya kan bukan hanya belajar di dalam kelas, mahasiswa itu harapan masyarakat untuk membantu mereka dalam meningkatkan maupun membantu masyarakat dalam segala hal, sesuai dengan bidangnya masing-masing," ungkap pemuda berusia 23 tahun ini.

Anak dari pasangan Sutiyo (alm) dan Sumarni ini sejak SMA sudah dihadapkan dengan ujian hidup. Ayahnya terkena serangan stroke dan akhirnya meninggal. Keadaan ini memaksa Haris untuk hidup mandiri. Walaupun sempat gagal kuliah ia tidak pernah menyerah untuk mengejar cita-citanya. 

Tidak hanya aktif dalam dunia kampus, kerasnya hidup membuatnya bisa survive. Berbagai macam pekerjaan sudah ia coba, mulai dari sales asuransi, penjual kartu internet, penjual sayur, penjual telur keliling, sales perumahan, menjadi MC dalam acara-acara seminar, dan lain sebagainya. Sampai akhirnya sekarang dia menggeluti usaha dibidang laundry dengan brand iKi laundry dan jasa karangan bunga.

Anak kedua dari 3 bersaudara ini juga sedang merintis usaha di bidang pertanian yang ramah lingkungan atau organik, dengan memasukkan teknologi dalam menjalankannya. Tujuannya adalah ingin membantu petani agar kehidupannya lebih sejahtera. 

Aktivitasnya saat ini yakni selain menjadi mahasiswa yang sedang menyusun tugas akhir,  ia juga menjadi Wakil Presiden BEM Universitas Jambi.

Disalin seutuhnya dari http://jambi.tribunnews.com

No comments:

Post a Comment